TARBIYAH

TARBIYAH

Rabu, 20 Oktober 2010

Perkembangan Studi Islam di Indonesia

1. Pra Kemerdekaan
a. Gerakan Era Sufi
Da'wahnya melalui perdamaian dan kebudayaan.Tokoh sufi yang paling terkenal hingga saat ini adalah Syaikh Abdul Qadir Al-Jaelani, beliau sangat akomodatif terhadap kebudayaan.

b. Gerakan Era Pesantren, Perguron, dan Keraton
Pesantren merupakan akomodasi / transformasi dari padepokan.Adapun yang di maksud dengan perguron adalah suatu wadah untuk mempelajari ilmu kekebalan tubuh.
Selain itu pada era ini juga di kenal adanya keraton yang merupakan sayap politik pada masa islam dahulu.
perguron mempunyai hubungan baik dengan pesantren ataupun keraton. Namun berbeda dengan pesantren yang berbasis ortodoksi, pergoron justru sebaliknya yakni berbasis heterodoksi (banyak aliran)

c. Gerakan organisasi modern.
Gerakan ini mulai muncul pada abad 19, yaitu ketika awal munculnya Serikat Dagang Islam (SDI). Yang kemudian muncul 2 ormas islam yakni NU dan Muhammadiyah yang muncul pada abad ke 20.

2. Awal-awal kemerdekaan
a. Era perang ideologi
dalam era ini terjadi pertentangan antara ideologi liberal dan ideologi sosialism.

b. Era perang sipil
di dalam era ini terjadi perang antara PKI dan NU, akan tetapi perang yang terjadi di Bali antara PKI dan PNI.

3. Orde Baru dan Reformasi.
a. Era de-idiologisasi (satu ideologi pancasila)
Era ini di pelopori oleh bapak Suharto. Dan didalamnya terdapat kebijakan NKKBK oleh Daud Yusuf, yang salah satu dari kebijakan itu adalah mengandangkan mahasiswa agar tidak berdemo.

b. Era Generasi Marshall Plan.

c. Era perguruan tinggi islam.

5 komentar:

  1. riski purwani:
    subhanallah...
    ternyata perkembangan studi islam di indonesia mengalami perkembangan yang lumayan pesat dimana studi islam yang di mulai dari sistem pendidikan di surau atau masjid, pesantren, sekolah, dan bahakan perguruan tinggi islam seperti yang kita rasakan sekarang ini... walaupun sering terjadi perselisihan paham dan pandapat tentang pemahaman islam itu sendiri,...namun itu semua tidak dapat kita pungkiri kalau perbedaan merupakan rahmat yang datang dari Allah... mengenai itu semua pilih saja mana yang terbaik dan sesuai dengan ajaran islam yang tidak menyimpang dan itu semua kembalai lagi ke kepribadian masing-masing,,,, jangan lupa berpegang teguh pada al quran dan sunnah..hehehehe

    BalasHapus
  2. Sejak era pra kemerdekaan studi islam di indonesia sudah mulai mengakar. Dimulai dr perdagangan kemudian pesantren, perguron, keraton dan organisasi modern
    Walaupun terjadi silang pendapat diantara organisasi islam di indonesia, namun studi islam di indonesia mengalami perkembangan yg pesat.

    BalasHapus
  3. rani ristiyanti say :)

    Pra Kemerdekaan adalah awal mula Da'wahnya (gerakan era suvi)melalui perdamaian dan kebudayaan ,, dengan adanya itu ,, kini indonesia mendapat titik terang dalam study tentang islam ,, yang awalnya dari surau masjid ,, kini bisa di rasakan hingga di perguruan tinggi ,, dan berkembanglagi menjadi beberapa aliran /paham ,, meski demikian kita sebagai muslim silahkan memilih yang terbaik untk kta masing2 ,, dan pilih dg hati nurani agar nantinya tidak menyesal ,,

    BalasHapus
  4. Dwi Hastuti Pungkasari :
    Dengan mempelajari perkembangan study islam di Indonesia, kita menjadi tahu akan perkembangan study islam. Sehingga saat ini kita menjadi lebih mudah dalam mempelajarinya. Fase-fase yang di alami bangsa indonesia dalam perkembangan study islam sangatlah panjang, dan kita perlu memberikan apresiasi sebaik mungkin.
    Meskipun perkembangannya sampai saat ini memunculkan berbagai aliran, namun kita tidak perlu saling menyalahkan. Yang perlu kita lakukan hanya belajar menghargai setiap perbedaan yang ada....

    BalasHapus
  5. indonesia merupakan negara yang porsinya lumayan besar di dalam islam,,,, jadi dengan jumlah yang besar itu bisa menjadikan indonesia maju dan tidak di pandang sebelah mata oleh negara-negara lain... dengan berkembangnya study islam di indonesia akan memotivasi seorang muslim untuk bisa maju...!

    BalasHapus