TARBIYAH

TARBIYAH

Kamis, 21 Oktober 2010

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

perkembangan studi islam di dunia muslim
ada empat perguruan tinggi tertua yang ada di dunia muslim yaitu:

1 .perguruan tinggi nizhamiyah di baghdad

perguruan tinggi Nizhamiyah di Baghdad berdiri pada tahun 455 / 1063. perguruan ini dilengkapi dengan perpustakaan yang sangat terpandang kaya raya di Baghdad yakni "Bait Al-Hikmah"yang dibangun oleh khalifah Al Makmum(813-833 M). salah seorang ulama besar yang pernah megajar disana adalah ahli pikir islam terbesar yaitu imam gazhali. perguruan tinggi ini hanya sempat bertahan hidup selama kurang lebih dua abad.

2. perguruan tinggi Al Azhar di Kairo Mesir

perguruan ini dibangun oleh Amir Ubaedillah al-Mahdi yang menyebut dirinya Khalif Ubaidillah (909-934 M). PADA TAHUN 362 h/ 972 M panglima besar Juhari Al Siqili membangun perguruan tinggi Al Azhar dengan kurikulum yang berdasarkan ajaran sekte syiah.dan pada masa pemerintahan khlaif al hakim Biamrillah (996-1020 M), Ia pun membangun perpustakaan terbesar di al Qahirah untuk mendampingi perguruan tinggi Al Azhar yang diberi nama "bait al Hikmat" ( balai ilmu pengetahuan ) seperti nama perpustakaan terbesar di Baghdad. ternyata perguruan tinggi ini mampu hidup sampai kini yakni sejak abad ke 10 sampai abad ke 20. dan tampaknya akan tetap selamanya.

3. perguruan tingi Cordova

sejak berabad-abad sebelumnya Iberia terpandang sebagai daerah minus, berubah bagaikan disulap menjadi daerah yang makmur dan kaya raya dengan pembangunan bendungan - bendungan irigasi di sana sini menuruti contoh lembah sungai Nil dan Lembah Ephrate. dan kemudian Cordova menjadi pusat ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang gilang gemilang sepanjang zaman tengah.ada tahu 1214-1294 Roger Bacon seorang ahli pikir inggris terkenal menempatkan ibnu sina dan menganjurkan untuk mempelajari bahasa arabsebagai jalan satu-satunya untuk memperoleh pengetahuan yang dibikin kabur oleh salinan -salinan jelek.

4. perguruan tinggi Kairwan

perguruan tinggi di Kairwan dikota Fez (Afrika Barat) dikenal dalam literatur di barat dengan karaoine. perguruan ini dibangun pada tahun 859 M oleh puteri seorang saudagar hartawan di Fez yang berasal dari Kairwan. pada tahun 305 H (918 M) perguruan ini diserahkan kepada pemerinah dan sejak itu menjadi perguruan tinggi resmi yang perluasan dan perkembangannya di bawah pengawasan dan pembiayaan negara. erguruan ini tetap hidup sampai sekarang.

perkembangan studi islam di Barat

1.kontak pertama (fase kejayaan islam)
  • lewat kotak perguruan tinggi. bahwa sejumlah ilmuan dan tokoh-tokoh barat datang ke sejumlah perguruan tinggi muslim untuk memperalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi. belajar dari perguruan tinggi Kairo (mesir), baghdad dan cordova.
  • penyalinan manuskrip manuskrip kedalam bahasa latin sejak abad ke 13 M hingga bangkitnya zaman kebangunan (renaisance)
  • budaya muslim diserap oleh oxford dan cambridge (inggris), sarbone di perancis, dan tubingen di jerman.
2. kontak kedua (kolonial postkolonial)
-muslim datang seagai imigran itu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
  • faktor politik yaitu kesepakatn kedua negara yang satu sebagai negara penjajah sementara yang satunya sebagai bekas jajahan.contohnya belanda terhadap penduduk suriname , inggris terhadap pakistan, india dan afrika timur.
  • faktor ekonomi yaitu untuk mencapai tenaga buruh yang dibutuhkan negara-negara erofa barat. contohnya untuk menutupi kebutuhan di belgia , jerman, dan belanda merekrut buruh dari turki,maroko dan beberapa negara timur tengah lainnya.
-muslim datang sebagai penduduk asli
  • orang yang asli masuk islam (muslim convertion)
  • keturunan dari muslim asli yang telah lama bahkan beberapa abad yang lalu tinggal di negar erofa barat yang dulunya mereka masuk islam akibat pengaruh kekuasaan turki. kategori ini hanya ditemukan di Yunani.
  • muslim yang kembali menemukan agama aslinya(rediscovery islam of original roots).
karakteristik muslim Erofa (barat)
  • kelompok konfessional (muslim tulen) yakni mereka yang pelaksanaan ajaran agama islam dan menjadikan nya bukan sekedar nama,tetapi juga cara hidup dan kehidupan sosial dan budaya.
  • kelompok believers yaitu mereka yang menerima islam sebagai agama dan menjadikan ajaran-ajaran yang bersifat prinsip sebagi dasar dalam kehidupan sosial dan budaya tanpa melaksanakan kewajiban-kewajiban agama islam.(islam menginspirasi tapi tidak menjalankan kewajiban.
  • kelompok liberals yait mereka yang attech great value dan sejumlah aspek dari nlai-nilai etik dan filosofi islam tapi dalam waktu yang bersamaan mereka kritis bahkan menolak sejumlah aspek dari agama khususnya dalam kehidupan sosial dan politik.
  • kelompok agosticisist yakni mereka yang tidak percaya dengan keimanan dan menolak agama sebagai dasar kehidupan sosial dan budaya pada umumnya. intinya percaya kepadaAllah tapi tidak percaya agama.

studi islam di barat

-berdasarkan dosen pengajar
  • tenaga pengajar yang menganut agama islam( muslim)
  • tenaga pengajar non muslim mereka ini lebih dikenal dengan nama orientalist
-berdasarkan lembaga
  • erofa : inggris, jerman,perancis, belanda, dll.
  • amerika : USA dan kanada
  • australia
karakteristik orientalist
  • kelompok missionaris yaitu para sarjana barat yang ketika mengkaji al quran memakai kacamata ajaran kristen bahkan mempunyai misi tertentu. ilmuwan yang termasuk kelompok ini adalah : johan bouan, jacques jornier, keneth cragg, basetti sani, claus schedl.
  • kelompok akademik yaitu ilmuwan yang mengkaji al quran berdasar dan mempunyai motivasi ilmu murni (motivasi akademik). ilmuwan yang termasuk kelompok ini adalah : wansbrough,john button, angelika neuwirth.
studi islam di amerika

- Inggris
  • school of oriental and african studies (SOAS)
  • London university
  • oxford university. dll.
-belanda
  • leiden university (studi islam indonesia)
  • utrecht university
  • nighmehen university

6 komentar:

  1. Riski purwani:
    Ternyata perkembangan studi silam tidak hanya berkembang di dunia muslim saja tetapi juga di dunia barat atau non muslim seperti di erofa dan Amerika ( belanda, inggris) dan bahkan di dunia barat tersebut sudah banyak perguruan tinggi islam yang terkenal, tapi sayangnya kenapa sebagian dari mereka memiliki karakteristik orientalist khususnya bagi kelompok missionaris yang dimana para sarjananya itu mengkaji al Quran dengan kacamata ajaran kristen dan bahkan mempunyai misi-misi tertentu. Bukankah itu sangat mempengaruhi pekembangan isalam di dunia barat.... apakah kemurnian al quran masih tetap terjaga dengan adanya kelompok missionaris tersbut di dunia barat?????....

    BalasHapus
  2. Bahwasanya perkembangan studi islam di barat lebih maju pesat dibandingkan di negara-negara yg mayoritasnya beragama islam, itu dikarenakan orang-orang timur masih didominasi oleh orang-orang barat. Tak heran jika banyak ilmu-ilmu yg harusnya bersumber dr orang timur sekarang ini telah diambil oleh orang barat

    BalasHapus
  3. rani ristiyanti say :)

    mengapa orang2 indonesia cenderung study di luar negeri dari pada dalam negeri sendiri .. apakah yang di katakan muhammad lukman ada benar nya?
    ataukah pengetahuan studi barat memang unggul dari bangsa timur yang sebagian besar muslim ? yang di benak saya sekarang seandainya dulu seluruh muslim muslimah bersama-sama mendalami kajian tentang islam ,, munkin perkembangan studi islam di timur akan sebaik perkembangan di dunia barat

    BalasHapus
  4. Dwi Hastuti Pungkasari :
    Subhanallah,,, perkembangan study islam di dunia barat sangat mengagumkan dan maju pesat...Dengan melihat itu, kita harusnya lebih semangat dalam mempelajari ilmu2,tidak hanya islam tapi juga ilmu umum agar negara kita bisa benar2 maju dalam bidang keilmuan dan yang lainnya,,,

    BalasHapus
  5. islam itu sangat luas,jadi jangan heran kalau perkembangan study islam ternyata di samping di indonesia juga sangatlah pesat perkembangannya di luar negeri khususnya di dunia barat...
    dengan berkambangnya ajaran-ajaran tersebut akan saling melengkapi antara yang satu dengan yang lainnya,,,
    ISLAM YES...!

    BalasHapus
  6. truz, metode studi islam yg digunakan di barat tu ap?

    BalasHapus